Kampung Binaan Keluarga Sakinah adalah salah satu program Unggulan  Kabupaten untuk mensyiarkan Agama Islam. Kegiatan ini berlangsung selama 10 bulan  dimulai dari bulan Maret-Desember di Masjid Al-Muhajirin Dusun 01 Kampung Tanjung Kuras. Di dalam Program Kampung Binaan Keluarga Sakinah ini terdapat tiga Kegiatan yaitu :

1.Tahfidz Qur’an : Didalam program tahfidz Qur’an ini sambutan anak-anak untuk mensukseskan program KBKS tersebut sangat antusias sehingga anak- anak yang mengikuti Tahfidz Qur’an tersebut berjumlah lebih kurang 35 orang. Kegiatan ini dilaksanakan pada setiap malam senin dan malam Kamis.

2. Pengajian : Program pengajian ini juga disambut baik oleh masyarakat Tanjung Kuras, karena di dalam program tersebut bayak hal-hal positif yang dibahas seperti : Pembahasan Fiqih, Mu’amalah, Aklakul Karimah, dll. Kegiatan ini dilaksanakan pada setiap malam Jum’at.

3. Pemberantasan Buta Aksara Hijaiyah : Didalam program tersebut juga disambut baik oleh masyarakat Tanjung Kuras mulai dari remaja sampai ke orang tua, karena dengan adanya program ini sangat membatu masyarakat yang ingin belajar Al-Qur’an dimulai dari Iqro’ sampailah bisa membaca Al-Qur’an. Dan untuk kegiatan ini dilaksanakan pada setiap malam sabtu.

Dengan adanya program Kampung Binaan Keluarga Sakinah (KBKS) tersebut bayak dampak positif bagi Kampung Tanjung Kuras, salah satunya anak-anak yang ikut Thfidz bayak ayat-ayat Al-Qur’an terhafalkan, dengan adanya pengajian setiap minggunya juga dapat menambah ilmu bagi jama’ah, dan dengan adanya program Pemberantasan Buta Aksara Hijaiyah jama’ah yang mengikuti program tersebut alhamdulilah sekarang bisa membaca Al-Qur’an. Masjid pun juga mendapat imbas positif dari kegiatan KBKS tersebut, yang semula belum memiliki jam digital sekarang sudah memilikinya dan bayak lagi pengadaan untuk Masjid Al-Muhajirin  berkat program KBKS tersebut.

Setelah berakhirnya program Kampung Binaan Keluarga Sakinah tersebut pada bulan Desember 2021 yang lalu. dari ketiaga kegiatan tersebut dua yang masih berlanjut yaitu : Tahfidz Qur’an dan Pemberantasan Buta Aksara Hijaiyah.

Harapan dari Ketua KBKS dan juga Pemerintah Kampung Tanjung Kuras beserta Ustadz-ustadz yang ikut berperan adalah dengan terlaksananya kegiatan tersebut ” Semoga generasi Tanjung Kuras Menjadi generasi pecinta Al-Qur’an, pengamal Al-Qur’an, dan Kampung Tanjung Kuras menjadi Kampung “BALDATUN THAYYIBANTUN WA RABBUN GHAFUR”.

Penulis : Pewarta Warga

 

 

 

 

Bagikan Berita