Kader Posyandu kesehatan adalah seseorang yang membina, dibimbing sukarela dan dipilih oleh suatu lembaga dengan tujuan membantu masyarakat agar terciptanya kesejahteraan yang merata.
Begitu juga didusun 03 Tanjung Layang Kampung Tanjung Kuras ini telah membentuk Kader Posyandu beranggotakan 5 orang yang telah aktif bergerak di kegiatan ini.

Adapun kegiatan kegiatan dari anggota kader ini biasanya seperti, menimbang berat badan Balita, Mengukur tinggi badan Balita, Mengisi Buku KMS (kartu menuju sehat), Pembagian Vitamin A, dan pembagian obat cacing dan ada juga pembagian snack (makanan ringan) seperti, Telur puyuh rebus, Bubur kacang hijau dan kue bolu.Seperti biasanya ibu- ibu yang memiliki balita membawa balitanya keposyandu dengan tujuan untuk mengetahui kondisi gizi balita tersebut tiap bulannya pada tanggal 5. Adapun ibu- ibu yang memiliki balita yang tidak bisa hadir, anggota kader ini juga melakukan sweping (mendatangi) rumah ibu ibu yang balitanya tidak bisa hadir keposyandu.
Kegiatan ini tidak hanya pada balita saja, tetapi juga untuk para lansia (posyandu lansia). Pada posyandu lansia ini, adapun kegiatannya yaitu, untuk mengetahui kadar gula darah, Mengecek kolestrol, Menimbang berat badan, dan memberikan Obat sesuai dengan yang dibutuhkan oleh Lansia tersebut.

Penulis: Novi Yanti/Pewarta Warga­

Bagikan Berita