Perahu jung ini adalah sejenis perahu kecil Atau biasa masyarakat setempat menyebutnya sebagai perahu layar  jung katil lebih di kenal dengan nama perahu layar  jung katil ini adalah singkatan yang di gabungkan oleh tiga nama yang berbeda bentuk dan pungsinya. Yang pertama jung atau perahu, pungsinya sebagai pelaju dan pemecah gelombang yang berada di depanya yang kedua katil atau anak jung(Anak perahu) yang memiliki bentuk kecil agak sama dengan bentuk perahu atau jung. Yang memiliki pungsi untuk mengimbangi jung yang di sangga oleh kayu kecil untuk penyangga ke tepi badan katil tadi sehinga tidak mudah oleng atau tumbang apa bila jung tersebut bergerak atau meluncur.  ketiga layar, layar ini  berfungsi sebagai penolak(pendorong) untuk lajunya perahu bergerak dan melaju  dengan mengunakan hembusan angin setelah layar di bentang.

Biasanya Masyarakat setempat mengadakan ajang Perlombaan  iven tahunan seperti di bengkalis. Yang  dilombakan dengan empat perahu jung yang di lepaskan dengan nomor undian yang telah di tentukan perlombaan ini biasanya memakan waktu 2-3 Hari tergantung dengan jumlah jung yang mengikuti.

Ternyata masyarakat Kampung Tanjung Kuras selain terkenal nenas dan sebagai kampung kaligrafi ,juga terkenal sebagai pengrajin Perahu Jung karna tidak asing lagi perahu jung ini adalah permainan tradisional asal Riau.

Perahu jung ini juga memiliki berbagai jenis ukuran yaitu 1 Meter sampai 2 Meter dan juga bisa lebih biasanya perahu jung ini dimainkan dipesisir muara atau laut yang memiliki hamparan pantai pasir

Perahu Jung Setelah Selesai DI Amplas

Perahu Jung Setelah Di Cat (diwarna)

Biasanya bahan yang digunakan membuat perahu jung ini menggunakan media dari pohon pulai yang telah di pilah bahan kayunya yang di gunakan sejenis bahan yang agak bertekstur lunak tidak gampang pecah dalam pengerjaannya, dari pembuatan perahu jung ini dapat memakan waktu agak lama kemungkinan memakan waktu mulai dari satu minggu bisa juga lebih tergantung  panjangnya, setelah perahu jadi, lalu masuk kedalam media pengamplasan, amplas yang di gunakan dengan cara di gosok Amplas yang di gunakan ini memakai amplas halus supaya cepat dapat pola licin di badan perahu yang di gosok tadi sehingga mendapat hasil yang sesuai yang di inginkan setelah badan atau body perahu jadi lalu masuk lagi pembuatan kepala dan ekor perahu lebih biasanya masyarakat setempat menyebutnye sebagai Tangkop atau luan depan dan luan belakang yang di tempel tepat nya di depan dan di belakang perahu jung katil tadi setelah itu pengecatan ,Pengecatan nya sesuai yang di inginkan.

Katil (Anak jung/perahu)

Lalu pembuatan Katil(anak perahu). setelah jung itu jadi lalu masuk pemasangan Tiang dan layar tiang ini pemasangannya di tancap kan kedalam lubang yang di sediakan ke body perahu tadi. Tiang ini memiliki tiga pungsi yaitu tiang depan tiang tengan yang di tegak kan agak condong kebelakang dan tiang bawah tiang tengah berpungsi untuk menegakkan layar tiang depan untuk menentukan arah layar tiang bawah pungsinya sebagai pengumpul angin yang dari atas dan, layarnya berfungsi untuk pendorong perahu untuk bergerak dan meluncur.  Bentangan layar ini memiliki ukuran panjang 2-3 Meter.  Bahan kain layar yang sering di gunakan adalah bahan kain parasut.

 

Penulis :Sadar Husin /Koordinator Pewarta Warga