Pak Adi selaku Ketua Kerapatan Lembaga Adat Melayu menyampaikan, “Dalam Rangka Melestarikan Kembali apa yang telah dilestarikan orang tua terdahulu, Lembaga Adat Melayu Kampung Tanjung Kuras berinisiatif untuk melestarikan Kesenian Melayu (Silat) ini, terkhususnya di Kampung Tanjung Kuras. Karena Pencak Silat ini sudah mulai terkikis di kalangan Generasi sekarang, mudah-mudahan dengan diadakan kegiatan ini akan berlanjut kedepanya¬† dari generasi kegenerasi berikutnya. Sehingga apa yang ditampilkan baik itu dalam pesta Pernikahan, dalam sebuah penyambutan pembesar- pembesar Negeri, Jadi Silat yang di tampilkan adalah betul-betul Silat yang terbimbing”.

Pelatih yang di ambil adalah tertua pemuka adat Kampung Tanjung Kuras, yang sudah banyak pengalaman di Dunia persilatan, baik itu dari segi keilmuan, ilmu yang telah di dapat dari gurunya terdahulu, lalu di teruskan ke generasi sekarang. Silat ini di mulai dengan lele sembah, biasa di pakai untuk silat pengantin, dan Ketika penyambutan pembesar-pembesar negeri datang, atau bisa di sebut juga dengan silat persembahan.

Setelah di sepakati bersama, peserta yang mengikuti latihan Pencak Silat ini mulai dari kelas 5 SD, sampai dengan Remaja, baik Laki laki maupun perempuan. Acara pembukaan di gelar pada tanggal 10 Juni 2022, tepat pada hari jum’at malam sabtu, kemudian pada malam minggu nya, langsung dimulai malam perdana latihan. Rangkaian acara pembukaan tetap seperti acara pada umumnya, yaitu sambutan dari Penghulu Kampung Tanjung Kuras, sambutan dari ketua kerapatan Lembaga Adat Melayu, serta dengan doa selamat dan sedikit pertunjukkan Atraksi dari para guru-guru. Untuk tempat Latihan nya sudah minta izin di perkarangan Rumah Pak Dahlan.

Penghulu Kampung Tanjung Kuras juga menyampaikan “mudah-mudahan dengan di adakan latihan Pencak Silat ini, kita akan mempunyai pesilat-pesilat yang terbimbing, kemudian Budaya Melayu ini tetap dibudayakan kepada generasi kegenerasi berikutnya, khususnya untuk generasi yang ada di Kampung Tanjung Kuras”.

Penulis : Wahyudi Hari Bahagia / Pewarta Berita Warga

Sumber : Ketua Lembaga Kerapatan Adat Melayu Kampung Tanjung Kuras.

Bagikan Berita