Pemerintah Kampung Tanjung Kuras Mengadakan Pelatihan Budi Daya Ikan Nila, sebagai mana Program ini melalui Program Pemberdayaan Kampung, yang dihadiri Penyuluh Prikanan Kabupaten Siak, Bapak Muhammad Ridwan. S,Pi (Penyuluh Perikanan Pertama Kec. Siak) dan juga Bapak Marwan S,Pi (Penyuluh Perikanan Bantu kecamatan Sungai Apit dan Sabak Auh).

Pelatihan dimulai dari Pukul 08.35 WIB sampai dengan Pukul 12.35 WIB dikantor Penghulu Kampung Tanjung Kuras, jumlah Peserta mengikuti Pelatihan ini sebanyak Lima orang.

Pak Marwan selaku Penyuluh Perikanan Bantu kecamatan Sungai Apit dan Sabak Auh, juga menjelaskan beberapa Teknik singkat Budi Daya Ikan Nila, “bahwa Teknik Budi Daya Ikan ini hampir sama, kalau untuk Kosumsi baik itu jenis Ikan Nila, ikan lele, yang mana memang seharusnya kita mulai dari pembibitan kemudian proses pembesaran Pakarnya sampai dengan masa Panen, dan ia juga berharap kepada kelompok setelah pelatihan dan di bantunya Program Pemberdayaan Kampung, masyarkat akan terbantu, mudah – mudahan Budi Daya ini akan berkembang untuk meningkatkan Ekonomi terkhususnya di Kampung Tanjung kuras”.

Disambung lagi dari Bapak Muhammad Ridwan. S,Pi (Penyuluh Perikanan Pertama Kec. Siak)  juga menambahkan “mudah mudahan Program Pemberdayaan Kampung Melalui Budi Daya Ikan berjalan dengan baik, bisa mendapatkan ilmu untuk tahap awal sebagai bekal nanti, apabila dari program pemberdayaan semakin meningkat sehingga mereka punya dasar untuk mengembangkan Sector – sector lainya. Mungkin bisa jadi awal pertama Budi Daya Ikan Nila, kemudian kedepan nanti bisa berkembang sampai ke Ikan Lele atau Ikan Gurami, tinggal lagi  untuk kelompok tetap semangat mengelola menjadi Manajemen dengan baik begitu serius untuk tetap fokus dan mengsukseskan Program Pemberdayaan Kampung Tanjung Kuras.

Sehingga membuka peluang bagi Pemuda atau Remaja yang berminat boleh saja bergabung disini, sehingga kedepanya diharapkan dari program ini memang katakanlah dari lima orang, pelaku utama yang bergerak bisa juga mengajari bagai mana cara Budi Daya Ikan – ikan dengan baik, sehingga makin banyak yang bergerak dalam bidang Pemberdayaan Ekonomi Kampung, bahkan semakin baik untuk Kampung itu sendiri”.

Penulis : Pewarta Berita Warga.

Bagikan Berita