Pengrajut atau Merajut adalah metode membuat Kain, Pakaian, atau perlengkapan Busana dari Benang Rajut, merajut biasanya menggunakan sehelai Benang.
Pada umumnya Bahan yang yang dipakai untuk merajut adalah Benang Katun yang bahannya bersifat agak padat, juga cocok untuk membuat bahan seperti Tas dan sebagainya. Benang ini juga memiliki 4 macam seperti, Benang Besar, Benang Wol local, Benang Katun dan Benang Bali. Alat Pembuatannya menggunakan Media Jarum, Jarum ini juga memiiki berbagai ukuran , ukurannya dimulai dari Nomor 7-14.
Begitu juga di Kampung Tanjung Kuras ada beberapa Pengrajut, salah satunya Nuraini. Selain sebagai Tenaga Pendidik Sanggar Alfath, Nuraini juga mengisi hari-harinya dengan Merajut. Nuraini sendiri mulai belajar Merajut Pada Tahun 2013 dan selebihnya melihat pada Referensi-referensi di Media Sosial.

Bermacam macam jenis Rajutan yang telah diproduksi oleh Nuraini sendiri, seperti, Tas, Topi, Peci dan Sepatu Bayi. Biasanya proses pembuatan Tas memakan waktu selama Tiga hari, tergantung bentuk dan ukurannya. Untuk harga Rajutan yang telah selesai di mulai dari Rp.15.000-Rp.500.000, tergantung bentuk ukuran tingkat kesulitan dan permintaan konsumen.

Penulis: Sadar Husin / Koordinator Pewarta Warga

Bagikan Berita