Kampung Tanjung Kuras terletak di Kecamatan Sungai Apit  Kabupaten Siak Provinsi Riau, Kampung Tanjung Kuras dijuluki sebagai Kampung Kaligrafi, dibuktikan dengan banyaknya jumlah Para Kaligrafer dengan berbagai prestasi yang telah diraih mulai dari tingkat Kecamatan bahkan sampai ketingkat Nasional. Kaligrafi ini mulai dibina sejak Tahun 2004  oleh Bapak Adi sebagai ketua LPTQ  Kampung Tanjung Kuras, serta Ust. Yudi Oktober  sebagai pelatihnya. Pernah juga terhenti sebentar pembinaannya diwaktu itu, dikarenakan kendala Penerangan.

Pada Tahun 2008 dilanjutkan kembali pembinaan yang sempat terhenti, karena pada saat itu belum ada inisiatif untuk mendirikan sebuah Sanggar Kaligrafi, untuk itu dalam rangka mempertahankan Eksistensi Seni Kaligrafi Islam sebagai Media Dakwah dilingkungan Para Kaligrafer Kampung Tanjung Kuras, maka timbullah ide dan gagasan untuk mendirikan sebuah Sanggar (Tempat Untuk Kegiatan Seni Kaligrafi) atau wadah sebagai tempat Pengkaderan Para Seniman Kaligrafi untuk bisa berkarya. Ide dan gagasan ini sudah ada sejak Tahun 2011 oleh salah satu Kaligrafer yaitu dari Saudari Nuraini ketika mendapat pengalaman berkunjung ke Lembaga Kaligrafi Alqur’an di Sukabumi.  Namun, untuk mewujudkannya tidaklah mudah.

Seiring dengan berjalannya waktu  dan atas kerjasama dengan Suwadaya Masyarakat yang tinggi dan Pihak Pemerintah Kampung Tanjung Kuras maka pada 17 Juli 2019 berdirilah Sanggar Kaligrafi Alqur’an di Kampung Tanjung Kuras. Setelah berdirinya Sanggar tersebut,  sempat juga mendapat kunjungan dari Master Kaligrafi Indonesia yaitu Bapak KH. Utsdz. Didin Sirojudin.

Penulis :Novi Yanti, Sadar Husin/Pewarta Warga

 

Bagikan Berita